Entri Populer

Jumat, 28 Desember 2012

3 HAL PENTING DALAM PEMURIDAN



3 Hal Penting dalam Pemuridan
Kolose 1:28-29
Apa unsur terpenting dalam pemuridan?
Pengajaran :
Pemuridan bukan hal baru. Hal ini sudah dilakukan banyak gereja dimana-mana dari sejak lama, termasuk di gereja kita. Yang menjadi persoalan ialah, apakah pemuridan yang kita lakukan sudah sesuai dengan firman Tuhan? Dengan roh yang dibaharui dan pencerahan yang terus-menerus kita peroleh dari firman Tuhan, marilah kita bertindak melakukan pemuridan sesuai apa yang Tuhan mau. Sebagaimana yang Paulus tuliskan dalam Kolose 1:28-29.
Untuk melakukan pemuridan, sedikitnya ada 3 hal yang harus kita ketahui.
1.    Ada kehausan untuk dimuridkan dan memuridkan.
Dalam pemuridan tidak boleh ada unsur paksaan, baiok pemurid, maupun orang yang dimuridkan. Proses pemuridan harus dijalankan dengan kerelaan dan antusias. Pemuridan buaknlah sekedar program gereja yang diwajibkan, sekalipun ada bahan yang harus dipelejari. Tetapi pemuridan adalah perintah dari Amanat Agung Tuhan Yesus.
2.    Memiliki Roh Anak
Yang dimanksudkan di sini adalah kerinduan untuk belajar. Keinginan ini bukan hanya pada orang yang dimuridkan, tetapi juga pemuridnya. Pemurid harus terus belajar firman Tuhan tiada hentinya.Jika murid dengan rela menempatkan dirinya sebagai “anak” pemuridnya, maka dia akan dengan mudah dimentor oleh pemurid. Demikian juga yang dilakukan oleh pemurid terhadap sponsor diatasnya. Dengan memiliki Roh Anak, maka seorang murid menerima “tudung rohani” yang melindunginya dari si jahat.
3.    Keterbukaan.
Keterbukaan adalah awal pemulihan. Keterbukaan adalah unsur terpenting dalam pemuridan. Seorang murid pasti mengalami kebangunan rohani, setelah dia terbuka dengan pemuridnya.

Perenungan:
Bayangkanlah bahwa kita adalah orang yang sedang membangun pemuridan, dengan memperhatikan ketiga hal di atas.
Aplikasi:
Jika kita melakukan 3 hal ini, dipastikan hidup kita akan berdampak, bukan hanya bagi murid kita saja, tetapi juga bagi keluarga dan komunitasnya. Pemuridan bukanlah trend baru, tetapi penggenapan Amanat Agung. Dapatkan berkat kebenaran hari ini. Lakukan dengan setia ketiga hal penting dalam pemuridan dan bagikanlah berkat renungan ini kepada mereka yang membutuhkannya.
Ayat hafalan:  
Kolose 1:28 – “Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.”

Harus Memiliki Rasa Haus, Roh Anak dan Keterbukaan dalam Pemuridan

1 komentar:

  1. Ch Agustinus (misionaris). Dapat saya bayangkan bila gereja-gereja yang kalau dilihat dari sisi waktu dapat memahani dan melakukan proses pemuridan yang diajarkan Kristus maka dapat melepaskan pemain-pemain unggul bagi TUHAN. Sayang, banyak gereja hanya menampung dan bangga dengan jumlah jemaat yang banyak dan gedung yang besar namun tidak berani bayar harga bagi Kristus...Pesan saya bagi pemimpin-pemimpin gereja yang ada kembalilah pada amanat agung, yang walaupun sedikit lambat tidak masalah dibanding terus berjalan dalam kekeliruan besar...Semoga bermanfaat.

    BalasHapus