Entri Populer

Rabu, 09 Januari 2013

KERINDUAN MENYEMBAH TUHAN



Kerinduan Menyembah Allah
Matius 2:1-12

Tanda seperti apakah yang dilihat oleh orang Majus dari Timur?

Pengajaran:
Dalam perenungan hari ini, ada pertanyaan yang dianggap sebagai sebuah lelucon, bagi orang-orang jaman itu. Mereka bertanya kepada masyarakat, “Dimanakah raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami melihat bintang-Nya di timur dan kami datang untuk menyembah-Nya.” Pertanyaan ini tentu bagi sebagian orang kala itu, hanya diresponi dengan tertawa saja. “Raja Yahudi? Kami saja masih dijajah Romawi, “ begitulah mungkin komentar sebagian orang, ketika itu.
Orang Majus  itu mungkin adalah ahli perbintangan dan pembesar dari Timur. Mereka yakin bahwa munculnya sebuah bintang yang cemerlang, merupakan pertanda kelahiran seorang Raja Mulia, Pemimpin yang besar. Mengapa mereka tahu bahwa Seorang Raja Mulia yang lahir adalah Raja Orang Yahudi?
Ada dua kemungkinan. Orang-orang Majus adalah orang terpelajar. Pertama, Mereka mungkin pernah belajar mengenai Daniel, yang diangkat oleh raja Nebukadnezar menjadi penguasa kedua di seluruh Babel seteah raja dan kepala atas semua orang berilmu di sana (Daniel 2:48). Kedua, mungkin mereka pernah mendengar sebuah nubuatan yang disampaikan Bileam, yang menyatakan bahwa sebuah bintang terbit dari Timur dan tongkat Kerajaan timbul dari Israel (Bilangan 24:15-19).
Bintang yang telah ditunggu-tunggu selama ratusan tahun itum tiba-tiba muncul di Timur dan dilihat oleh orang-orang Majus itu, sehingga mereka bergegas ke Yerusalem. Bagaimana respon Allah terhadap mereka? Matius menulis, bahwa bintang mulia itu bergerak mendahului mereka dan menunjukkan dengan tepat, tempat dimana Anak itu lahir. Betapa dahsyat-Nya Allah. Dia memenuhi kerinduan orang yang ingin melihat Dia dan menyembah-Nya.
Peenungan:
Bayangkanlah bahwa kita adalah orang yang rindu melihat dan menyembah-Nya senantiasa, setiap saat dalam kehidupan kita.
Tindakan:
Mari  kita merindukan perjumpaan dengan Allah, melihat wajah-Nya dan menyembah-Nya dengan kesungguhan hati. Dapatkan berkat kebenaran hari ini. Bagikanlah berkat renungan ini kepada mereka yang membutuhkannya.
Ayat hafalan:  
Matius 2:9 – “Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada.“

Selalu ada Respon yang Positif dari Allah, Terhadap Orang yang Rindu kepada-Nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar