Entri Populer

Selasa, 22 Januari 2013

BUKTI MENGASIHI TUHAN




Bukti Mengasihi Tuhan
Lukas 7:36-50

Bagaimana Yesus menjelaskan arti kemerdekaan (ayat 44-50)?
Pengajaran :
Sahabat, tidak seorang pun yang mau dijajah. Tidak peduli bangsawan atau budak, kaya atau miskin, semuanya merindukan kebebasan. Semuanya ingin mengalami kebebasan dari tekanan pikiran, perasaan dan fisik, terutama bebas dari perasaan berdosa. Ketika seseorang merasa bahwa dia sudah terbebas dari perasaan berdosa, apapun akan dilakukannya sebaga ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan itu.
Dalam Renungan kali ini, kita menemukan adanya seorang perempuan berdosa yang datang membasuh kaki Yesus. Tidak tanggung-tanggung, dia membasuh kaki Yesus dengan air matanya, lalu menyeka kaki Yesus dengan rambutnya yang panjang terurai, menciumi kaki-Nya dan meminyakinya dengan minyak Narwastu yang mahal harganya.
Bagaimana reaksi dari tuan rumah? “Jika Ia nabi, tentu Ia tahu siapa perempuan ini”, kilahnya (ayat 39). Dalam hukum Yahudi, siapa yang dijamah oleh seorang perempuan sundal, menjadi najis. Namun, Yesus tahu dengan pasti, kondisi wanita ini. Dia menjelaskan tentang dua orang yang ditagih hutangnya. Yang satu 500 dinar dan yang lain 50 dinar. Karena keduanya tidak sanggup membayar, akhirnya hutangnya dihapus. Tentu orang yang hutangnya besar, akan merasa lebih banyak dihapuskan hutangnya.
Demikian juga, Yesus telah menghapus hutang-hutang dosa kita. Namun apakah kita juga membuktikan kasih kita kepada-Nya seperti wanita ini. Wanita ini sudah mengorbankan perasaannya, harga dirinya (denganmencium dan menyeka kaki menggunakan rambutnya), korban uang (minyak narwastu yang digunakan sangat mahal) dan sungguh-sungguh menyembah-Nya (sampai menangis). Apakah kita merenungkan firman-Nya dan bergaul intim dengan-Nya, sebagai bukti kasih kita kepada-Nya?

Perenungan :
Bayangkan bahwa Anda adalah orang yang bergaul intim dan rela mengorbankan segalanya untuk Tuhan.
Aplikasi :
Mari kita berkomitmen untuk menyatakan  kasih kita kepada-Nya, melalui perenungan firman dan hubungan yang intim dengan-Nya. Bagikan kebenaran hari ini, kepada mereka yang membutuhkan, khususnya di kamit.
Ayat hafalan:  
Lukas7:47 – “Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih."

Kasih Harus Dibuktikan dengan Perkataan dan Perbuatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar