Entri Populer

Senin, 10 Oktober 2011

Kingdom Education : Menjadi Setetes Anggur yang Manis Melalui Pendidikan

Kingdom Education
Menjadi Setetes Anggur yang Manis Melalui Pendidikan
Pendidikan merupakan suatu ladang yang subur, bagi kita, untuk bisa menjadi berkat. Pendidikan, merupakan salah satu kebutuhan mendasar dalam kehidupan manusia. Semua orang tua ingin agar anaknya memperoleh pendidikan yang bermutu. Semua orang menginginkan agar anak-anak, generasi penerus bangsa, menjadi manusia yang berintelenjensia tinggi dan berkarakter yang baik.
Salah satu tindakan Psalm 21 Successful Community untuk menjadi setetes Anggur yang manis dalam Kirbat-Nya, adalah menjawab kebutuhan masyarakat dalam pendidikan, melalui Sekolah Mazmur 21. Pendidikan yang dibutuhkan adalah pendidikan akademik dan  karakter. Keduanya sangat penting dan dibutuhkan masyarakat dewasa ini. Kita tidak bisa menjadi orang yang pandai, tetapi miskin karakter. Namun kita juga tidak bisa menjadi orang yang baik, namun bodoh. Jadi pendidikan akademik, maupun karakter, sangat dibutuhkan.
Masyarakat sangat membutuhkan adanya pendidikan yang berkualitas, tapi terjangkau dalam pembiayaannya. Saat ini, sudah banyak sekolah yang berorintasi pada pendidikan akademik, tetapi jarang, bahkan hampir tidak ada sekolah yang bergerak dalam pendidikan akademik, maupun karakter.
Kehadiran Sekolah Mazmur 21 untuk menjawab kebutuhan masyarakat.
Kehdiran Sekolah Mazmur 21 untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan pendidikan akademik dan karakter. Dewasa ini, ditemukan banyak orang pandai, tetapi sedikit yang memiliki karakter brilian. Kita lihat, justru ketika orang semakin pandai, semakin besar juga kejahatan yang dilakukannya. Misalnya kejahatan komputerisasi (cyber crime), itu dilakukan oleh mereka yang mengerti dan pandai komputer. Pembobolan bank, dilakukan oleh mereka yang mengtahui seluk beluk perbankan. Kejahatan terorisme, dilakukan oleh mereka yang pandai merakit bom, menggunakan senjata api, mengerti tehnik berperang, dll. Kejahatan-kejahatan tinggi, justru dilakukan oleh mereka yang memiliki tingkat intelenjensia tinggi. Mengapa bisa demikian? Karena tngakt intelenjesia tinggi itu, tidak diikuti pula oleh tingkat kecerdasan karakter yang baik. Itulah sebabnya pendidikan karakter diperlukan.
Pendidikan Karakter
Karakter berasal dari bahasa Inggris bermakna hampir sama dengan sifat, prilaku, ahklak, watak, tabiat, dan budi pekerti. Karakter seorang anak sengaja atau tidak, didapat dari orang lain yang sering berada didekatnya ataupun  yang sering mempengaruhi anak, kemudian ditiru untuk di ikuti, baik dari proses melihat, mendengar, ataupun mengikuti. Apakah itu karakter yang baik maupun karakter yang jahat, tergantung sumber yang ia pelajari.
Karakter berbeda dengan kepribadian, karena kepribadian merupakan sifat yang dibawa sejak lahir, dengan kata lain kepribadian bersifat genetis. Prilaku positif secara dini diberikan kepada peserta didik agar mereka dapat memahami manfaat dan segera mempraktekakannya.  Sekolah Mazmur 21 menerapkan pembentukan karakter saat siswa diterima di sekolah Mazmur  21 dengan memperkenalkan aspek-aspek pembentukan prilaku.
Tiga Aspek Kecerdasan.
Sekolah Mazmur 21 mengedepankan tiga aspek kecerdasan, yaitu kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan intelektual. Tujuannya adalah agar anak-anak mampu membedakan yang benar dan yang salah, serta mampu memilih dan membuat keputusan dari seluruh aspek kehidupan berlandaskan kebenaran.
Sekolah Mazmur 21 menggunakan kurikulum Nasional ( Pemerintah ) dan kurikulum khusus. Kurikulum Nasional berfokus untuk meningkatkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Sedangkan kurikulum khusus ( Character First ) menggunakan tiga pendekatan dalam pembentukan karakter anak yaitu :
1.        Emphasize ( tahapan memberi penguatan )
2.        Require ( tahapan menjawab kebutuhan )
3.        Recognize ( tahapan memberi penguatan )
Peran aktif orang tua
Seperti kurikulum akademis lainnya, maka keberhasilan pelaksanaan program pembentukan karakter ini juga sangat ditentukan oleh peran aktif orang tua. Para orang tua tidak bisa melapaskan atensi dan menyerahkan begitu saja sianak pada pihak sekolah tanpa memperhatikan pendidikan anak. Komunikasi antara orang tua dan sekolah harus selalu dijaga. Itu dimaksudkan agar orang tua juga mengetahui bakat sesungguhnya si anak.
Sekolah Mazmur 21 sangat memperhatikan hubungan dan komonikasi yang baik dengan orang tua. Sekolah mengguankan berbagai fasilitas untuk membina komunikasi yang baik ini. Selain komunikasi melalui informasi di papan pangumuman, juga ada komunikasi melalui surat pemberitahuan, dan info-info yang dicantumkan dalam sebuah buku yang disebut Buku Komunikasi (Buku manual). Selain itu, khusus untuk momen-momen tertentu juga diadakan Parents Meeting (Pertemuan orang tua murid), yang banyak membahas hal-hal prinsip dan mendasar, misalnya cara mendidik anak, penyelesaian masalah anak, cara mendisiplin anak, dll.
Setiap guru dan wali kelas juga bersikap sangat koorperatif denagn orang tua, dalam membina anak. Semua kelebihan dan kelemahan anak dalam akademik, maupun dalam pembentukkan karakter, selalu dikomunikasikan dengan orang tua, oleh wali kelas, melalui berbagai cara yang disebut diatas.
Harapan kami, kehadiran sekolah Mazmur 21, benar-benar bisa menjadi anggur yang manis, di tengah masyarakat. GBU
Penulis :
Yustina Yuyun, Kepala Sekolah SD Mazmur 21 dan beberapa tambahan dari Yakobus Edy (Redaksi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar