Entri Populer

Selasa, 19 Februari 2013

DIMURIDKAN DAN DIBERDAYAKAN



Dimuridkan dan Diberdayakan
Lukas 10:1-24; Roma 12:4-11
Pengajaran:
Apakah kita sudah menjadi bagian dari anggota keluarga Kerajaan Allah yang dimuridkan dan diberdayakan?
Sahabat, Tuhan telah menciptakan kita dengan tubuh yang sempurna. Tidak ada satu pun anggota tubuh yang tidak berfungsi. Bahkan anggota tubuh yang nampaknya kurang elok dan tersembunyi, juga memiliki fungsi yang tidak kalah pentingnya dengan anggota lainnya. Sebuah tubuh, baru dikatakan sehat, jika semua anggotanya berfungsi sebagaimana mestinya.
Tuhan selalu menggambarkan keluarga Kerajaan-Nya, seperti tubuh manusia. Sebagaimana tubuh kita memiliki banyak anggota dengan berbagai fungsi, maka demikian juga dalam keluarga Kerajaan Allah.  Dengan kata lain, setiap orang yang menjadi anggota keluarga Allah, memiliki fungsinya tersendiri dan tidak ada anggota yang tidak memiliki fungsi. Keluarga Kerajaan Allah, baru disebut “sehat”, jika seluruh anggotanya berfungsi dengan baik, sesuai dengan bagiannya.
Untuk memfungsikan seluruh anggota secara maksimal dalam Keluarga Kerajaan Allah, diperlukan adanya pemuridan dan pemberdayaan. Yesus sendiri juga melakukan hal yang sama terhadap ke-70 murid yang dibinanya dalam sebuah “keluarga rohani”. Setiap murid, dimuridkan-Nya dengan berbagai pengajaran dan praktek langsung dalam kehidupan. Hadilnya, ke-70 murid itu menjadi anggota-anggota keluarga yang sukses dan diberdayakan dengan maksimal.
Kerluarga Kerajaaan Allah dimanifestasikan dalam kehidupan bergereja. Untuk mengoptimalkan seluruh anggota-anggotanya (jemaat), gereja sudah mengadakan berbagai program pemuridan dan pemberdayaan melalui praktek pelayanan di gereja, maupun penjangkauan di lingkungan sekitar kita. Sebagai anggota Keluarga Kerajaan Allah yang sehat, kita harus dimuridkan dan diberdayakan. Sudahkah Anda mengalaminya?

Renungan:
 Bayangkan bahwa kita adalah agota-anggota keluarga Kerajaan Allah (gereja) yang telah dimuridkan dan berfungi (melayani) dengan baik.
Aplikasi:
Marilah kita  belajar untuk menemukan panggilan dan karunia kita, melalui pemuridan, supaya kita dapat berfungsi denan maksmal dalam keluarga Kerajaan Allah. Bagikanlah berkat renungan hari ini kepada mereka yang membutuhkan kebenaran firman Tuhan ini.
Ayat Hafalan:
 Roma 12:4-5, ”Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.”

Anggota yang sehat adalah anggota yang berfungsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar