Entri Populer

Jumat, 08 Februari 2013

TELADAN HIDUP




Teladan Hidup
Matius 22:16-21; 17:24-27; 14:15-21; 1 Korintus 11:1

Pengajaran:
Apakah kita sudah menjadi teladan bagi orang lain?
Sahabat, suatu ketika, pernah terjadi hal seperti ini dalam keluarga kami. Ketika itu, anak kami yang pertama, baru berusia sekitar 1 tahun. Sebelium tidur, saya mengajak anak saya itu berdoa. Tiba-tiba, tanpa dikomando, begitu mendengar saya mengajaknya berdoa, dia langsung sujud di atas tempat tidur dengan bokong yang agak sedikit menungging. Kami tertawa melihat sikap anak itu. Anak itu meniru sikap istri saya ketika berdoa di atas tempat tidur, dimana istri juga sering kali bersujud dengan gaya seperti itu. Padahal kami tidak pernah mengajarinya.
Dari hal ini, Saya berkesimpulan bahwa seorang anak, akan lebih cepat belajar dengan teladan, dari pada dengan kata-kata. Terkadang, sering kali kita mengajar anak-anak dengan kata-kata, seperti “jangan begini....jangan begitu,...ini tidak boleh....itu boleh”, dll.Itu baik, tapi sayangnya apa yang kita ucapkan itu, tidak sesuai dengan apa yang kita lakukan.
Mari kita belajar dari Yesus. Tuhan selalu mengajarkan sesuatu dengan bahasa yang sangat mudah dimengerti, dilengkapi dengan berbagai ilustrasi untuk menjelaskannya. Ditambah lagi, Yesus selalu memberikan teladan sesuai dengan apa yang Dia ucapkan. Teladan adalah senjata utama Yesus, yang membuat murid-murid menuruti perkataan-Nya.
Beberapa contoh diantaranya adalah:
1.     Yesus menyuruh Petrus membayar pajak dan Dia juga melakukannya (Matius 22:16-21, 17:24-27)
2.     Yesus menyuruh murid-murid-Nya memberi makan kepada orang banyak yang mengikti mereka dan Dia yang memberi makan ke-lima ribu orang itu.(Matius 14:15-21)

Renungan:
Pernahkah Anda berkaat kepada anak Anda, “Jangan berbohong”? Pernahkah Anda berbohong? Kalau begitu, teladan apa ang kita berikan kepada anak? Bayangkan bahwa kita adalah orang yang memberikan teladan yang baik untuk setiap orang.
Aplikasi:
Marilah kita  belajar untuk menjadi teladan bagi keluarga dan lingkungan kita. Seperti Yesus, tindakan kita sesuai dengan apa yang kita ucapkan. Bagikanlah berkat 3T hari ini kepada mereka yang membutuhkan kebenaran firman Tuhan ini.
Ayat Hafalan:
1 Korintus 11:1(BIS) “Ikutlah teladan saya, seperti saya pun mengikuti teladan Kristus.”

Senjata Terbaik dalam Mengajar Adalah Menjadi Teladan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar