Entri Populer

Selasa, 21 Juni 2011

SEMUA YANG TERJADI BUKAN KARENA KEBETULAN

Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.” - Amsal 3:5-6

Shalom anak Kerajaan, dahsyat! Renungkan Rut 2:1-12. Apakah segala sesuatru yang terjadi dalam kehidupan kita itu hanya kebetulan saja?

Setelah Naomi meninggalkan negeri tempat mereka mengungsi, ia  kembali kenegerinya disertai dengan menantunya Rut, sebab suami dan kedua anaknya sudah meninggal  dan menantunya yang satu yakni Orpa telah mengambil keputusan untuk kembali keMoab. Kehadiran mereka berdua membuat penduduk kota gempar. Setelah beberapa lama mereka tinggal  di Betlehem tanpa kesulitan, Rut memperoleh pekerjaan yang layak, karena pada waktu musim menuai selalu ada pekerjaan di ladang yaitu memungut butir-butir jelai di belakang para penyabit. Rut memutuskan untuk bekerja di salah satu ladang, Berawal dari ketetapannya itulah Allah mulai membuktikan  pemeliharaan-Nya  bagi Rut dan Naomi. Jadi semuanya ini terjadi bukan karena kebetulan, karena dari situlah untuk pertama kalinya Rut bertemu dengan pemilik ladang yang bernama Boas, - keluarga dari almarhum ayah mertuanya, yang kelak orang itulah yang akan menebus dan menjadi suaminya. Ketika Boas mengetahui yang sebenarnya siapakah Rut itu?, iapun tertarik dan berkata: “Tidak usah engkau pergi memungut jelai di ladang orang lain ... tetapi tetaplah dekat pada pengerja-pengerjaku perempuan.” (ayat 8). Karena kepedulian dan perlindungan yang dilakukan oleh Boas, maka bertanyalah  Rut kepadanya: “Mengapakah engkau melakukan  hal  ini padaku?”  Ia menjelaskan bahwa kisah mengenai pengabdian Rut pada Naomi amat menyentuh hati Boas dan  semua yang dilakukan oleh Boas  hanya  untuk menunjukkan penghargaannya kepada Rut.
Apakah Rut tahu dan sadar waktu ia bekerja di ladang Boas terjadi secara kebetulan? Jawabanya tentulah tidak. Ia mungkin tidak menyadari adanya pimpinan Tuhan dalam hidupnya – tetapi sesungguhnya Tuhan telah memimpinnya. Betapa menggairahkan bagi kita semua jika kita mengetahui bahwa Tuhan tengah bekerja untuk memberikan kebaikan bagi kita  – bahkan pada saat kita tidak dan belum  menyadarinya.
Bayangkan  bahwa saudara adalah orang yang selalu sadar bahwa hidup saudara selalu disertai oleh Tuhan. Jangan ada dalam pikiran kita terlintas bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan kita itu terjadi hanya karena kebetulan Bagikanlah berkat renungan hari ini kepada mereka yang membutuhkan kebenaran ini.

ORANG KRISTEN YANG SEJATI ADALAH PERCAYA SEPENUHNYA BAHWA, HIDUPNYA TELAH DIATUR OLEH TUHAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar