Entri Populer

Kamis, 21 Juli 2011

Kingdom Family KELUARGA CERMIN KASIH BAPA, Bagian III

Luka Terselubung
Satu hal yang perlu diketahui, saat ini banyak ditemukan pasangan-pasangan yang mengalami luka terselubung oleh karena kurang lancarnya komunikasi. Menyembuhkan luka terselubung, lebih sulit dari luka menganga (terbuka). Luka seperti ini, tersembunyi dalam kedalaman relung hati, dan sulit “dibongkar” jika tidak ada keterbukaan dan kejujuran.

Poin-poin tambahan, khusus untuk pasangan :
1. Keterbukaan yang jujur, dimulai dari Anda. Jangan menunggu pasangan untuk terbuka, tapi mulailah dari diri kita. 
2.Sampaikan masalah dengan situasi hati yang “teduh”. Jangan sampaikan permasalahan ketika situasi masih tidak mendukung, karena itu akan memicu perselisihan. Jika harus menegur pasangan, lakukanlah tanpa hati yang “panas” dan pasangan siap menerimanya. 
3. Tegur pasangan 4 mata. Biasakan untuk menegur pasangan 4 mata. Tujuan kita adalah untuk membuat pasangan sadar akan kesalahannya dan bukan mempermalukannya. Jangan dihadapan anak-anak. 
4.Puji pasangan dengan pujian yang wajar. Biasakan untuk memuji pasangan, kalau perlu lakukan dihadapan anak-anak dan orang lain. Ucapkan terima kasih atas segala bantuan pasangan. 
5. Jangan memaksa pasangan. Biarlah pasangan menyampaikan sendiri permasalahan yang dihadapinya, ketika dia siap.
6.  Lakukan semuanya atas dasar untuk penyelesaian masalah, bukan menciptakan masalah baru. 
7.  Bersiaplah untuk menerima hal yang paling buruk, yang disampaikan oleh pasangan Anda. Misalnya: pengakuan secara jujur atas kesalahan pasangan atau teguran dan nasehat dari pasangan terhadap Anda. 
8.  Ajak pasangan untuk saling mendoakan. Akhiri setiap argumentasi dengan doa!

TAMAT

Penulis : Yakobus Edy
Bahan:
1. Pengalaman pribadi 
2. Kasih Bapa, Daniel S. Pamudji, jakartaberdoa.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar